Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 7, No 2 (2019): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Analisis Kemampuan Representasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Hukum III Newton

Dadang, Dadang (Unknown)
Werdhiana, I Komang (Unknown)
Saehana, Sahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengetahui, dan menganalisis kemampuan representasi mahasiswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi hukum III Newton.  Subyek penelitian ini terdiri dari 22 orang mahasiswa dan dipilih 3 responden dengan cara pemberian tes pemilihan responden dalam bentuk pilihan ganda kemudian dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh melalui pemberian tes sebanyak dua kali yaitu tes pemilihan responden dan tes kemampuan representasi serta wawancara. Tes terdiri dari tiga nomor soal yang setiap soal terdiri dari 3 konteks berbeda yang diberikan kepada mahasiswa dan setelah itu dilakukan wawancara. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan representasi siswa berbeda-beda dari setiap representasi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih cenderung lemah dalam menjawab soal dengan format representasi verbal dan format representasi yang dominan dikuasai oleh mahasiswa yaitu format grafik. Perlunya pembiasaan oleh mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan soal fisika dengan menggunakan representasi yang beragam yaitu guna membantu dalam mengomunikasikan pemikiran, mengembangkan dan memperdalam pemahaman mereka. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...