EDU CIVIC
Vol 4, No 2 (2016): JURNAL EDU-CIVIC

STUDI TENTANG PENDIDIKAN ORANG TUATERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SMP NEGERI 1 PALASA KECAMATAN PALASA KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Wawan, Wawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2016

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pendidikan orang tua dapat mempengaruhi motivasi belajar anak di SMP Negeri 1 Palasa Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar anak di SMP Negeri 1 Palasa Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif sehingga dapat memberikan gambaran tentang permasalahan yang ditemukan di lokasi penelitian. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Palasa tahun pelajaran 2014 yang berjumlah 30 orang dengan rincian 11 orang laki-laki dan 19 orang perempuan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara untuk orang tua siswa, angket untuk siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pendidikan orang tua dapat mempengaruhi motivasi belajar anak. dengan demikian tingkat pendidikan orang tua mempunyai peran penting dalam menumbuhkan serta mengembangkan motivasi belajar anak agar berprestasi di sekolah. Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak melalui pemberian arahan, Pemberian fasilitas belajar, pemberian waktu belajar di rumah yang teratur, membimbing anak yang mengalami kesulitan dalam belajar, dan pemberian hadiah kepada anak yang berprestasi sehingga mendorong anak agar giat belajar di rumah. Kata Kunci : Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang tua, Motivasi Belajar 

Copyrights © 2016