EDU CIVIC
Vol 4, No 1 (2016): JURNAL EDU-CIVIC

Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Pembelajaran PKn Di SMPN 1 Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una

Amin, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2016

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru memotivasi siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PKn di SMPN 1 Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una dan bagaimana aktivitas siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PKn. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 584 orang siswa dan yang menjadi sampel berjumlah 85 orang siswa. teknik pengumpulan data pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi.  Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahawa peran guru dalam memotivasi siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber pembelajar PKn dengan cara pemberian tugas kelompok atau tugas individu. Aktifitas siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar yaitu mengerjakan tugas, membaca buku, meminjam buku, mengembalikan buku. Dari pengelolaan angket tanggapan responden mengenai kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar 82,76%. Tentang hasil belajar dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar PKn 85,23%. Konsentrasi siswa mengerjakan tugas di perpustakaan 76.52%. Pengeruh minat baca siswa setelah adanya perpustakaan 74,82 %. Minat belajar siswa setelah Adanya perpustakaan sebagai sumber belajar 76,47%. Peran perpustakaan sebagai sumber belajar PKn 75,70%. Keefektifan sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di perpustakaan 76,17 %. Ketersediaan buku di perpustakaan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PKn 82,17%. Pelayanan perpustakaan khususnya pada pembelajaran PKn 74,82%. Kesesuaian penempatan buku-buku di perpustakaan 79,17 %. Fasilitas perpustakaan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PKn 74,47%. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa perpustakaan sekolah SMPN 1 Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una sudah baik dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber pembelajaran PKn.   Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan, Sumber Belajar.

Copyrights © 2016