Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education
Vol 4, No 1 (2016)

PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTIONS) PADA SISWA KELAS V SDN NO 1 PESAKU KECAMATAN DOLO BARAT KABUPATEN SIGI

asri, Asri (Unknown)
Abduh, Ikhwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2016

Abstract

Masalah yang dirangkum dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli siswa Kelas V SDN No 1 Pesaku Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi setalah menggunakan model pembelajaran langsung (direct instructions)?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli siswa Kelas V SDN No 1 Pesaku Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut: (1) Siswa mendapat variasi dalam Pembelajaran passing bawah sehingga mendapat pemikiran dan pengetahuan dalam bidang olahraga khususnya bola voli yaitu passing bawah, 2)Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru penjaskes untuk menambah pengetahuan tentang metode pembelajaran melalui model pembelajaran langsung (direct instructions) pada materi passing bawah dan dapat di implementasikan pada materi pembelajaran yang lain yang sesuai. 3)Penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan yang baik bagi sekolah untuk lebih memperhatikan sarana dan pra sarana untuk menunjang pembelajaran penjasorkes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No 1 Pesaku, Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I mengalami ketuntasan sebesar  35.70% dan ketidak tuntasan 64.30%. Sedangkan pada siklus II mengalami ketuntasan sebesar 85.71% dan ketidak tuntasan sebesar 14.29%. Maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus 2 telah melewati batas ketuntasan yaitu sebesar 80% dengan ini tidak perlu lagi melakukan siklus berikutnya. Hal ini ditandai dengan rata-rata nilai yang dicapai yakni 83.27, maka penelitian ini tidak dilanjutkan lagi dan hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima jadi melalui model pembelajaran langsung (Direct Instructions) dapat meningkatkan  kemampuan passing bawah pada siswa Kelas V SDN No 1 Pesaku Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PJKR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

Menerbitkan artikel dengan standar tinggi pada berbagai aspek pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi yang meliputi sejumlah basis disiplin, termasuk model instruksional; pendekatan pengajaran dalam pendidikan jasmani; Metode pengajaran dalam Pendidikan Jasmani; Konten dan pengetahuan kurikulum ...