ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan lompat jauh siswa kelas IV SDN Maranda melalui metode latihan barrier hops. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SDN Maranda dengan jumlah 20 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing masing siklus terdiri atas empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berupa data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa pada siklus I dan siklus II, serta data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes baik pada tes awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal sebesar 70% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II dan telah melebihi indikator yang ditentukan yakni sebesar 80%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui latihan barrier hops dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh pada siswa IV SDN Maranda. Hal tersebut telah dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa metode latihan barrier hops yang baik mendukung kemampuan lompat jauh yang baik pula. Berdasarkan hal tersebut dapat disarankan bagi para guru Penjasorkes, direkomendasikan bahwa kiranya dalam mengajarkan cabang olahraga khususnya lompat jauh hendaknya perlu memperhatikan kemampuan fisik dan teknik yang dimiliki siswa guna dapat memperoleh hasil belajar yang efektif. Kata Kunci: Lompat Jauh, Latihan, Barrier Hops
Copyrights © 2015