BAHASA DAN SASTRA
Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Bahasa dan Sastra

ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN PRODUK PERAWATAN KECANTIKAN WANITA DI TELEVISI

Rahayu, Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2017

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) gaya bahasa apa saja yang digunakan dalam iklan produk perawatan kecantikan wanita, dan (2) apa fungsi gaya bahasa dalam iklan produk perawatan kecantikan wanita di televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berbagai macam gaya bahasa serta menjelaskan fungsi gaya bahasa dalam iklan produk perawatan kecantikan wanita di televisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, simak dan  catat. Teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa data pada penelitian ini berjumlah 23 data dari 18 buah iklan produk perawatan kecantikan yang berasal dari 3 merk produk, adapun gaya bahasa yang digunakan dalam iklan produk perawatan kecantikan wanita terbagi atas 10 gaya bahasa yaitu gaya bahasa 1) personifikasi; 2) perumpamaan; 3) hiperbola; 4) klimaks; 5) antiklimaks; 6) erotesis; 7) asindeton; 8) aliterasi; 9) mesodiplosis; 10) repetisi. Fungsi gaya bahasa dalam iklan produk perawatan kecantikan yakni sebagai alat untuk meninggikan selera sehingga dapat meningkatkan minat konsumen, sebagai alat untuk mempengaruhi atau meyakinkan konsumen, sebagai alat untuk menciptakan suasana tertentu, serta untuk memperkuat efek terhadap gagasan yang disampaikan sehingga membuat konsumen terkesan oleh pesan yang disampaikan dalam sebuah iklan. Kata Kunci: Gaya Bahasa; Iklan; Produk Kecantikan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

BDS

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal elektornik Program Studi Bahasa Satra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas ...