Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2012): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 3 2012

OPTIMASI KUANTITAS DAN JENIS PRODUKSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN

Ratnanto Fitriadi Ratnanto Fitriadi (Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. A.Yani Tromol Pos I Pabelan Surakarta *) E-mail: ratnanto23@yahoo.com)
Indah Pratiwi, (Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. A.Yani Tromol Pos I Pabelan Surakarta *) E-mail: ratnanto23@yahoo.com)
Rudi Teguh Aryanto Rudi Teguh Aryanto (Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. A.Yani Tromol Pos I Pabelan Surakarta *) E-mail:)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2012

Abstract

Proses optimasi adalah untuk menentukan kombinasi yang merupakan solusi yang optimal terhadap permasalahan yang bersifat trade off. Objek pada penelitian ini adalah perusahaan “SSS” di Solo yang memproduksi bermacam-macam timbangan sebagai alat ukur. Permasalahan perusahaan adalah multi objective yaitu mempunyai beberapa tujuan, diantaranya untuk memenuhi semua order, memaksimalkan utilitas resources, meminimalkan biaya produksi dan pemakaian material, yang pada akhirnya penentuan kombinasi dari jumlah dan jenis produk diharapkan memaksimalkan keuntungan. Langkah pertama setelah mengidentifikasi permasalahan adalah membuat model/ persamaan matematis, selanjutnya adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang diperlukan sebelum melakukan tahap optimasi. Dalam menentukan fungsi tujuan perusahaan diperlukan proses pembobotan dan perankingan, hal ini menunjukkan proses interaktif yang mengakomodasi preferensi dari manajemen perusahaan. Dengan pendekatan condorcet secara sederhana kepentingan perusahaan dari beberapa perspektif dapat diakomodasi dan dengan mudah dapat dirubah pembobotannya sebagai langkah yang interaktif dan fleksibel (seandainya ada kebijakan baru dari perusahaan). Data yang digunakan diantaranya adalah data jumlah permintaan, harga bahan  baku, proses produksi, biaya produksi yang meliputi biaya tenaga kerja, biaya listrik, biaya kerja lembur, biaya bahan baku dan bahan pembantu. Pengumpulan data dilakukan  dengan proses observasi, interview dan dokumentasi.  Hasil penelitian dapat diketahui bahwa kombinasi produk yang optimal  untuk memenuhi kebutuhan pesanan adalah produk timbangan dacin 110 yang harus dibuat sebanyak 1.683 unit; produk dacin 50 sebanyak 1.675 unit; produk meja DXO sebanyak 2.517 unit; produk meja ariesta sebanyak 2.433 unit; produk sentisimal 500 sebanyak 883 unit; produk sentisimal 300 sebanyak 896 unit dan produk sentisimal 150 sebanyak 904 unit. Sehingga hasil penjualan  yang  diperoleh adalah menunjukkan keuntungan yang dapat diraih oleh perusahaan. Kata kunci: optimasi produk, timbangan, condorcet, multi objective 

Copyrights © 2012