Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2013): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 4 2013

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH BENTUK GEOMETRI SUDUT CONVERGING DUCT DAN PANJANG CONSTANT-AREA SECTION PADA PERFORMA SISTEM REFRIGERASI STEAM EJECTOR

Muhammad Subri (Laboratorium Thermofluid Magister Teknik Mesin, FT-UNDIP Semarang)
Tony Suryo Utomo (Program Studi Magister Teknik Mesin, FT-UNDIP Semarang Jl. Prof. H. Soedarto, SH Tembalang-Semarang 50275)
Berkah Fajar TK (Program Studi Magister Teknik Mesin, FT-UNDIP Semarang Jl. Prof. H. Soedarto, SH Tembalang-Semarang 50275)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2013

Abstract

Refrigerasi steam ejector merupakan sistem refrigerasi dengan memanfaatkan limbah panas sebagai sumber energi utamanya. Steam ejector berperan sebagai pengganti kompresor pada siklus kompresi uap. Refrigerasi steam ejector memiliki koefisien kinerja (Coefisien of performance, COP) yang rendah, sehingga perlu dilakukan penelitian karakteristik dengan membuat desain geometri  steam ejector untuk memperbaiki dan mengoptimalkan kinerja dari steam ejector-nya. Kinerja steam ejector dapat dilihat dari besarnya nilai entrainment ratio yaitu perbandingan laju aliran massa suction dari evaporator dengan laju aliran massa motive dari boiler. Meningkatnya nilai entrainment ratio steam ejector dapat meningkatkan COP sistem refrigerasi tersebut.  Pada penelitian ini dilakukan eksperimen dengan memodifikasi bentuk geometri sudut converging duct dari 3°, 5°, 7,5°, 10°, 15°, dan 18° dan panjang constant area section (throat section) dari 2D(36 mm), 3D(54 mm), 4D(72 mm), dan 5D(90 mm), panjang constant area section merupakan kelipatan dari diameter throat dengan memperluas diameter  throat ejector dari 18 mm. Jenis steam ejector yang digunakan adalah Constant-pressure mixing dan uap  air  (R-718b) digunakan sebagai  fluida  kerja.  Kondisi awal operasi tekanan boiler (tekanan motive) konstan pada tekanan 5 kg/cm2. Temperatur air evaporator 97°C.  Hasil eksperimen menunjukkan bahwa perubahan bentuk  geometri sudut converging duct dan panjang constan-area section mempengaruhi nilai  entrainment ratio steam ejector dan COP sistem. Nilai optimal entrainment ratio steam ejector dan  COP sistem diperoleh pada sudut converging duct 7,5° dengan panjang constan area section  4D(72 mm) dengan nilai masing-masing 0,5172 dan 0,5619. Kata kunci:  Constan-area section, Converging duct, COP, entrainment ratio, Steam  ejector.

Copyrights © 2013