Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya
Vol 2, No 2 (2015): Vol 2 No 2 Bulan September Tahun 2015

PENGGUNAAN GAYA BAHASA METAFORA DALAM BUKU KIKE WADATSUMI NO KOE

Subandi, Subandi (Unknown)
Diniswari, Lies Tyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2015

Abstract

Gaya bahasa metafora yang memiliki konsep makna dasar perbandingan  sebagai konskuensi dari pemilihan kata/diksi dapat menjadikan sebuah ungkapanlepas dari makna  unsur  pembentuknya.  Proses  perbandingan  mengakibatkan  terjadinya perpindahan  makna  satu  kata  ke  kata  yang  lain  yang  didasari  oleh  adanya kesamaan  baik  secara  konseptual  maupun  fisik.  Akibatnya  struktur  luar  gaya bahasa  metafora  dibangun  oleh  subyek  yang  sebenarnya  berfungsi  sebagai pembanding  dan  berada  di  luar  scopp  makna  yang  diwakilinya.  Sebaliknya subyek  yang  dibandingkan  yang  sebenarnya  berfungsi  sebagai  makna  inti ungkapan tidak muncul dalam struktur luarnya tetapi, membangun struktur makna dimana  struktur  makna  ini  ada  dalam  konsep  mental  setiap  penutur. Terbangunnya struktur makna pada gaya bahasa metafora dapat diakibatkan oleh terjalinnya  kesamaan  konsep  aspek  fungsi,  keadaan,  fisik,  karakter  dan  yang lainnya diantara subyek pembanding dan subyek yang dibandingkan. Penggunaan gaya bahasa metafora dalam komunikasi  tentu dilandasi oleh  suatu motivasi dan tujuan  tertentu  namun  demikian,  dengan  gaya  bahasa metafora  penutur mampu mengungkapkan  makna  yang  melebihi  dari  makna  yang  terkandung  dalam struktur  luarnya.  Lebih  dari  itu,  dengan  penggunaan  gaya  bahasa  akan menghasilkan  bentuk  komunikasi  dengan  varian  pilihan  kata  yang  bervariasi sehingga, mampu meningkatkan kualitas aktivitas berbahasa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paramasastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

discusses field-based research, literature research, and theoretical and methodological reflection on languages, literatures, and its teaching. This journal receives research-based articles or literary-based studies that will be published twice a year through the screening process. All articles ...