Imajinasi
Vol 6, No 1 (2010): Imajinasi

IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEMATIK DALAM PENGAJARAN MENGGAMBAR PADA ANAK USIA DINI

Aprilia, - (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2011

Abstract

Taman Kanak-Kanak II Pertiwi Semarang masih menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 karena Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) belum diberlakukan. TK sebagai tingkat dasar pendidikan bagi anak-anak sebelum memasuki pendidikan formal, melaksanakan pendidikan berdasarkan karakteristik anak usia dini dalam rangka pertumbuhan potensinya. Penelitian ini dilatar-belakangi oleh situasi lingkungan yang berpengaruh terhadap pengayaan tema dalam pelaksanaan pembelajaran menggambar, dengan permasalahan tentang implementasi pendekatan tematik dalam pengajaran menggambar di TK. Tujuan penelitian ini ialah menguraikan proses pengajaran menggambar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya bagi perkembangan fungsi-fungsi jiwa dan keterampilan anak. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif-analitis yang menggambarkan dan menguraikan pembelajaran menggambar dengan menghasilkan data secara kualitatif dalam perspektif paedagogis dan psikologis. Sasaran penelitian tentang implementasi pendekatan tematik dalam pengajaran menggambar ditinjau dari berbagai aspek, melalui hasil pengumpulan data dari pihak sekolah, orangtua, dan anak didik, yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data didapat dengan menggunakan teknik triangulasi, yang mendukung pelaksanaan pengajaran menggambar, kemudian dianalisis dengan model interaktif, dan diamati melalui hasil gambar anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengajaran menggambar dengan pendekatan tematik yang dilaksanakan di TK II Pertiwi Semarang adalah memperlancar proses pembelajaran karena penjabaran tema-tema yang terdapat dalam kurikulum tersebut mudah diterima, memberi keleluasaan bagi pengembangan fungsi-fungsi jiwa dan pelatihan bagi keterampilan motorik anak. Hasil gambar menunjukkan spontanitas goresan, kebebasan pada pilihan jenis warna, dan media yang dipakai oleh anak. Sebagai kurikulum yang berfokus pada pendidikan bagi perkembangan kemampuan anak, peran guru sangat penting, maka metode dan strategi pengajaran guru harus lebih kreatif, tidak perlu selalu memberi contoh di papan tulis, supaya anak berpikir kreatif, imajinatif, dan ekspresif. Bagi perkembangan kemampuan motoriknya, permainan teknik melalui media gambar perlu lebih beragam. Kata Kunci: implentasi, tematik, usia dini, menggambar

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

imajinasi

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Seni Imajinasi merupakan jurnal seni yang dikelola oleh Jurusan Senirupa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes. Terbit perdana pada bulan Juli 2004. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juli dan Januari, dengan isi artikel tentang kajian atau analisis kritis dan hasil penelitian ...