Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar melalui pemanfaatan hasil penelitian pembelajaran IPA dalam bentuk modul dan mengetahui keefektifan modul yang dikembangkan berdasarkan hasil belajar dan respon mahasiswa. Hasil validasi pakar pembelajaran IPA, modul dinyatakan layak, untuk selanjutnya digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang mendapatkan nilai AB sampai dengan A sebanyak 17 orang atau 68% sedangkan semua mahasiswa menyatakan tertarik menggunakan modul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil-hasil penelitian yang telah terpublikasikan di jurnal layak digunakan sebagai rujukan pengembangan modul karena lebih aplikatif dan memenuhi unsur kekinian.This research is aimed to develop instructional material in modul form based on the result of science learning research and identify the effectiveness of the modul which is developed based on learning result and studentsââ¬â¢ response. Based on the expertââ¬â¢s validation, the modul is feasible to use in the learning process. The research result shows that 17 students or 68% got A and AB mark, and all of the students are interested to use the modul. It can be concluded that the published research results are feasible to use as reference to develop the modul because it is considered to be more applicative and fulfill the novelty aspect.
Copyrights © 2012