JURNAL BISNIS STRATEGI
Vol 5, No 3 (2000): Juli

PENGARUH HARi PERDAGANGAN SAHAM TERHADAP RETURN HARIAN SAHAM DI BURSA EFEK JAKARTA (Sebuah Studi Terhadap IHSG, lndeks Soham Sektoral Dan lndeks Soham Unggulan (LQ45))

Robiyanto, Robiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2017

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh hari perdagangan saham terhadap return harian saham telah banyak dilakukan pada berbagai bursa yang ada di dunia ini. Berbagai metode digunakan untuk meneliti hal ini dengan hasll yang konsisten untuk bursa-bursa di belahan dunia barat yaitu dengan return harian saham negatif pada hari Senin yang biasa dlsebut dengan Monday Effect dan return tertinggi pada hari Jum'at yang dlsebut dengan Weekend Effect, kedua hal ini blasa dlsebut dengan day of the week effect. Penelitian yang telah dilakukan di Indonesia memperlihatkan hasil yang tidak konsisten dengan penelitian di luar negeri bahkan antar temuan di dalam negeri. Kebanyakan penelitian di dalam negeri ini menggunakan melode OLS (Ordinary Least Square) dengan dummy variabel untuk menjelaskan fenomena ini. Metode ini dirasakan kurang tepat untuk mengidentifikasi fenomena ini karena menyalahi aturan-aturan regresi.Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh hari perdagangan saham terhadap 11 indeks harga saham yang ada di Bursa Efek Jakarta yaitu IHSG, lndeks LQ45, lndeks Harga Saham Sektoral (Pertanian, Pertambangan, lndustri Dasar; Aneka lndustri, Industri Konsumsi, Properti Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan) dengan metode ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) guna menghindari pelanggaran terhadap aturan-aturan regresi OLS. Metode ini layak dan memenuhi syarat untuk digunakan karena data return saham yang ditelitl memiliki variance yang tidak berubah sepaniang waktu / stasioner (white noise).Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh hari perdagangan saham terhadap return sahamsektor pertanian, pertambangan dan aneka Industri. Hari perdagangan Senin berpengaruh negatif terhadap return saham-saham sektor properti dan keuangan. Hari Rabu hanya berpengaruh negatif kepada return saham-saham unggulan sementara itu hari Kamis berpengaruh positif pada return pasar, unggulan, sektor industri dasar, industri konsumsi, properti, lnfrastruktur, keuangan dan perdagangan. lebih lanjut tidak dltemukan beda return di setiap hari perdagangan pada return pasar (IHSG), saham-saham sektor pertanian, sektor pertambangan, sektor industri konsumsi, sektor infrastruktur, sektor keuangan dan perdagangan. Tetapi ditemukan adanya perbedaan return saham -saham unggulan (LQ45), saham-saham sektor industri dasar, sektor aneka industri dan sektor properti pada tiap-tiap hari perdagangan saham.

Copyrights © 2000






Journal Info

Abbrev

jbs

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis Strategi ( P-ISSN : 1410-1246, E-ISSN : 2580-1171 ) is an open access and peer-reviewed published by Department of Magister Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Diponegoro, Indonesia. This journal published twice a year (juli and desember). The scope of journal is ...