Bundling Strategy·. merupakan salah satu altematif populer dalam strategi pemasaran.  Agar potensi bundling strategy dapat berdaya secara optimal, maka  anteseden  dan karakteristik strate_gi tersebut harus dipahami dan dike/ala dengan baik.  Tulisan ini menqupes permas�lahan kekaburan pemahaman  dan  kesenjangan  hasil  penelitian  pengaruh  penerapan bundling  strategy  dan  ha/  yang  me/ingkupinya  terhadap  keunggulan bersaing perusahaan. lnkonsistensi definisi, temuan, dan hasil penelltian tentang pengaruh  bundling strategy  telah  menimbulkan  kesimpangsiuran persepsi  pelanggan  pada  product  bundle  itu  sendiri.  Padahal  persepsi penghematan  akan nilai bundle  menjadi sebuah jembatan  emas dalam menuju  pemenangan  persaingan  pasar  yang  berkelanjutan. Uji  empirik dilakukan dengan kuesioner kepada 100  manajer perusahaan percetakan di Kota Semarang dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling. Dan  ternya ta  ditemukan  fakta  bahwa  secara  umum  terdapat pengaruh signifikan antara kinerja bundling strategy terhadap persepsi penghematan pelanggan dalam mewujudkan keunggulan bersaing.  Pada bagian akhir, direkomendasikan sebuah kerangka kerja bundling strategy dalam pasar kompetitif
Copyrights © 2004