JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA
Vol 6, No 3 (2007): Desember

ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP KEDEKATAN HUBUNGAN DAN INOVASI DALAM UPAYA PENCAPAIAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi Empirik Pada Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan di Semarang)

Sumarsono, Sumarsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2017

Abstract

Banyaknya PPJK yang gulung  tikar karena ketidaksanggupan dalam  bersaing menunjukkan bahwa  perlu  diadakan  penelitian yang  mengkaji faktor-faktor yang  berpengaruh  terhadap keunggulan  bersaing berkelanjutan. Data dikumpulkan  dari 100 responden yang berasal dari seluruh  pimpinan  Pengusaha  Pengurusan Jasa  Kepabeanan  (PPJK)  Semarang,  kemudian data tersebut dianalisis dengan  menggunakan  analisis  SEM  dengan  program AMOS  4.0. Hasil  ana/isis  menunjukkan   bahwa  semua   hipotesis  yang  diajukan  dalam  penelitian  ini diterima, sehingga model tersebut dapat menggambarkan hubungan  kausalitas yang terjalin antar  variabel.   Dalam  penelitian  ini juga  menghubungkan  hasil penelitian  ini  terhadap implikasi teoritis maupun manajerial. Implikasi manajerial merekomendasikan kepada  PPJK Semarang untuk meningkatkan keunggulan  bersaing berkelanjutan melalui pengembangan hubungan    dekat   dengan    konsumen     dan    melakukan    inovasi    yang    berkelanjutan. Keterbatasan dari penelitian ini dan agenda penelitian  mendatang dapat digunakan  sebagai referensi oleh peneliti berikutnya

Copyrights © 2007