Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 1 No 3 (2018): Regular Issue

ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK NEGERI 1 LAHAT

Tania Helvetia (Unknown)
Nizwardi Jalinus (Unknown)
Refdinal Refdinal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah banyaknya mahasiswa yang memperoleh nilai rendah pada mata pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fisika pada siswa SMK N 1 Lahat. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain faktorial 2×2, yakni dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel moderator yang mempengaruhi penelitian (independent variable) terhadap hasil (dependent variable). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 587 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM 1 untuk kelas eksperimen dan X TKR 1 untuk kelas kontrol dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki tingkat kemampuan sama. Kelas X TSM 1 diberikan metode pembelajaran problem solving sedangkan kelas X TKR 1 diberikan metode pembelajaran konvensional. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan teknik anova dua jalur. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: a) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode problem solving, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, b). Rata-rata hasil belajar mata pelajaran fisika memiliki motivasi berprestasi lebih tinggi dibandingkan dengan rata – rata hasil belajar siswa memiliki motivasi rendah, c) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa di dalam mata pelajaran fisika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Aims and scope: Aims Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan aims to present high-quality and relevant scientific articles in the form of original research results in the field of Technical and Vocational Education and Training. By showcasing the latest teaching techniques, effective instructional ...