Edukasi
No 2 (2010): Edukasi

PERAN KEDISIPLINAN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI OLAHARAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR

Suhardi, - ( Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2011

Abstract

Perilaku  anak  usia  sekolah  dasar  menampakkan  aktivitas gerak  yang  begitu  tinggi.  Mereka  pada  dasarnya  cenderung  ingin selalu bergerak. Hal tersebut menunjukkan bahwa disadari atau tidak, bergerak  bagi  siswa  merupakan  suatu  kebutuhan  yang  sangat  penting bagi  pertumbuhan  fisiknya.  Berbagai  bentuk  dan  corak  gerakan  yang diperoleh  siswa  merupakan  dasar  dalam  memasuki  tahap-tahap perkembangannya,  baik  perkembangan  yang  berhubungan  dengan pengetahuan,  nilai  dan  sikap,  maupun  keterampilan  gerak  (kognitif, afektif,  dan  psikomotor).  Kecenderungan  aktivitas  bergerak  siswa sekolah  dasar  (SD)  tersebut  perlu  dibina  melalui  Penjasorkes, disamping  harus  dibarengi  oleh  kedisiplinan  yang  tinggi.  Sebab, kedisiplinan  mendukung  peningkatan  prestasi  dalam  Penjasorkes. Siswa  yang  kurang.  Siswa  yang  kurang  disiplin  dalam  pembelajaran Penjasorkes  kurang  pula  prestasi  Penjasorkesnya.  Sebaliknya,  siswa yang  disiplin  dalam  Pembelajaran  Penjasorkes  meningkat  prestasi Penjasorkesnya. Jadi, kedisiplinan sangat berperan dalam peningkatan  prestasi  siswa  daslam  melakukan  Penjasorkes.  Siswa  sekolah  dasar merupakan  benih  yang  potensial  yang  kelak  akan  menjadi olahragawan yang handal. Perhatian yang sungguh-sungguh dari guru Penjasorkes  di  sekoah  dasar  (SD)  sangat  penting  bagi  pembinaan kedisiplin  siswa,  dengan  memberikan  petunjuk,  pengarahan,  dan memantau  setiap  gerakan  siswa  selama  melakukan  aktivitas Penjasorkes sesuai dengan materi pokok pembelajarannya.Kata Kunci: kedisiplinan; penjasorkes; sekolah dasar

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi [p-ISSN 0852-0240] is a well-known and respected periodical that reaches an international audience of educators and others concerned with cutting-edge theories and proposals. The journal is an invaluable resource for teachers, counselors, supervisors, administrators, curriculum planners, and ...