JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan
Vol 2, No 2 (2018)

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATAKULIAH EKONOMI PEMBANGUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Sulistyowati, Shanti Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi pada matakuliah ekonomi pembangunan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari kegiatan perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam satu siklus. Hasil penelitian diperoleh ada peningkatan aktivitas belajar mahasiswa pada matakuliah ekonomi pembangunan dengan model pembelajaran berbasis proyek, hal ini dapat dilihat pada nilai hasil belajar sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan kelas. Hasil refleksi menunjukkan aktivitas belajar mahasiswa sebelum pelaksanaan tindakan adalah 62 persen dengan kategori cukup, sedangkan setelah pelaksanaan tindakan aktivitas belajar mahasiswa menjadi meningkat, yaitu 80 persen dengan kategori baik. Aktivitas belajar mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 18 persen.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpeka

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan Since 2017 published twice a year by Open Journal System to accommodate various research offers original articles on teaching economics. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan is a peer-reviewed journal that is managed by ...