INTEGRALISTIK
Vol 22, No 1 (2011): INTEGRALISTIK

MODEL PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PASCA SERTIFIKASI DI KOTA SEMARANG

Nagbiyanto, Nagbiyanto ( Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2012

Abstract

Abstrak. Kebijakan sertifikasi pendidik bertujuan meningkatkan kualitas guru danmutu pendidikan. Untuk mengetahui sejauh mana upaya ini berhasil, maka perlu suatupenelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pembinaanprofesionalisme guru pasca sertifikasi guru dalam jabatan dan model pembinaannya.Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D).Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru PKn SMP/SMA/SMK Negeri KotaSemarang yang dinilai tinggi adalah : Pertama, kompetensi paedagogik, meliputi : (a)menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, (b)mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu, dan (c)menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Kedua, kompetensi kepribadian,meliputi: menghargai peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku,adat istiadat, daerah, asal, dan gender. Ketiga, kompetensi sosial, meliputi: beradaptasidengan lingkungan tempat bekerja dalam rangka meningkatkan efektifitas sebagaipendidik. Keempat, kompetensi profesional, meliputi: (a) menguasai standarkompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, dan (b)mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Kompetensi guruyang dinilai rendah : Pertama, kompetensi paedagogik, meliputi: (a) memfasilitasipengembangan potensi anak didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yangdimiliki. Kedua, kompetensi kepribadian, meliputi: (a) bekerja mandiri secaraprofesional. Ketiga, kompetensi sosial, meliputi: (a) berkomunikasi dengan temansejawat dan komunitas ilmiah secara santun, empatik, dan efektif. Keempat,kompetensi profesional: (a) mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif, dan (b) memanfaatkan teknologi informasi dankomunikasi untuk mengembangkan diri.Kata kunci: model pembinaan, profesionalisme, sertifikasi

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

integralistik

Publisher

Subject

Description

Integralistik is a peer reviewed journal that covers the fields of scientific knowledge or academic that civics education studies. The Integralistik is a academic journal that centered in citizenship studies i.e. civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political ...