Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 47, No 1 (2014): April, 2014

Model Educative Production Function untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perbankan

Purnamawati, I Gusti Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2015

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Akuntansi Perbankan melalui penerapan model pembelajaran Educatif Production Function (EPF). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Jurusan D3 Akuntansi UNDIKSHA pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 orang. Obyek penelitian adalah (1) aktivitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran, dan (2) hasil belajar mahasiswa. Pene-litian dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) EPF dapat menghadirkan suasana pembelajaran yang lebih kondusif dan menciptakan iklim kelas yang trans-paran, (2) EPF dapat meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan rata-rata hasil belajar pada si-klus I ke siklus II sebesar 12,3 (65,1 pada siklus I dan 77,4 pada siklus II). Kata-kata Kunci: akuntansi perbankan, educative production function, hasil belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...