Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 45, No 3 (2012): Oktober, 2012

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika

Sudiasa, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Nusa Penida pada kelas X sebanyak 188 orang. Penelitian dirancang dalam bentuk posttest only control group design. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar yang berbentuk essay dan tes kemampuan numerik yang berbentuk objektif dengan lima pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varians faktorial 2´2 dan dilanjutkan dengan uji t-Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika, (3) untuk siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi, hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, dan (4) untuk siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah, hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri.. Kata-kata Kunci:inkuiri, hasil belajar matematika, kemampuan numerik

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...