Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 42, No 2 Jul (2009)

MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN PUJIAN DAN KRITIK DALAM PENGELOLAAN PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS 3 SD NO. 1 KEROBOKAN, SAWAN, BULELENG

Rasana, I Dewa Putu Raka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2009

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahw pujian dan kritik efektif  dipergunakan dalam pengelolaan  perilaku belajar siswa kelas 3 SD No. 1 Kerobokan, Sawan, Buleleng tahun ajaran 2008/2009. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Data  dianalisis secara deskriptif. Prosedur pengolahan data adalah sebagai berikut: (1) deskripsi data, (2) analisis kesalahan, (3) situasi kelas, (4) prosentase Perilaku belajar, dan (5) kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pujian dan kritik yang tepat adalah efektif  dipergunakan dalam pengelolaan perilaku belajar siswa kelas 3 SD No. 1 Kerobokan, Sawan, Buleleng tahun ajaran 2008/2009. Hal itu ditunjukkan melalui beberapa kali pengamatan. Pengamatan awal menunjukkan bahwa suasana kelas tidak kondusif atau masih buruk. Hasil pengamatan berikutnya dalam siklus 1 menunjukkan bahwa suasana kelas sudah baik; dengan prosentase perilaku belajar 70% setelah guru yang mengajar Bahasa Bali menerapkan pujian dan kritik secara tepat. Hasil pengamatan berikutnya lagi dalam siklus 2 menunjukkan bahwa suasana kelas sudah lebih baik prosentase perlaku belajar 90% setelah guru tersebut menerapkan pujian dan kritik secara tepat. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada para guru SD untuk mempelajari teori tentang pujian dan kritik secara men-dalam dan cara penerapannya secara tepat, agar mereka tidak mengorbankan para siswa  dalam jebakan kritik dalam melakukan pembelajaran di kelas. 

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...