Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan informasi tentang kemampuan guru Sekolah Dasar Penyetaraan S1-PGSD Kecamatan Grokgak mengembangkan silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bidang studi Bahasa Indonesia secara konsisten, (2) mendapatkan informasi tentang kemampuan guru Sekolah Dasar Penyetaraan S1-PGSD Kecamatan Grokgak mengembangkan silabus KTSP bidang studi Bahasa Indonesia yang sesuai dengan materi pelajaran yang diharapkan, dan (3) mendapatkan informasi tentang kemampuan guru Sekolah Dasar Penyetaraan S1-PGSD Kecamatan Grokgak mengembangkan silabus KTSP bidang studi Bahasa Indonesia secara bermakna (meaningful). Penelitian ini dirancang dalam desain penelitian deskriptif - kualitatif untuk memperoleh gambaran kompetensi guru dalam mengembangkan silabus dan materi pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar di kecamatan Grokgak yang mengikuti pendidikan S1-PGSD. Data dikumpulkan dengan metode koleksi dokumen (dokumentasi) dan wawancara, yang selanjutnya diolah secara deskriptif, statistik deskriptif, ekplanatif-interpretatif. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa, para guru di tempat penelitian ini dilakukan ternyata sebagian besar (91,66%) mampu mengembangkan silabus KTSP dalam kategori “cukup konsisten†sampai dengan “konsistenâ€. Demikian juga dalam mengembangkan materi pembelajaran. Para guru mampu mengembangkan materi pembelajaran “cukup sesuai†sampai dengan “sesuai†(83,33%), dan bermakna (meaningful) (95,83%). Penelitian ini dilakukan dalam wilayah yang terbatas (kecamatan). Agar lebih meyakinkan, perlu dilakukan penelitian yang serupa pada wilayah yang lebih luas dengan melibatkan subjek penelitian yang lebih banyak.Kata kunci: perangkat pembelajaran, Pembelajaran kontekstual, dan Pembelajaran Sains bilingual.
Copyrights © 2010