Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 45, No 3 (2012): Oktober, 2012

Pemanfaatan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hiragana dan Katakana

Sri Mardani, Desak Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2012

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode informasi berbantuan media visual dan metode tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis indah huruf Hiragana dan Katakana pada mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Undiksha TA 2011/2012. Selain untuk mengetahui hal tersebut, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap penggunaan metode serta media visual tersebut. Penelitian ini menggunakan beberapa metode dalam penggambilan datanya, yaitu: metode tes, metode observasi serta metode angket. Adapun hasil penelitian ini yaitu: persentase mahasiswa yang memperoleh nilai hasil belajar A pada siklus I dan II adalah berturut-turut 55,5% dan 83,3%. Peningkatan tersebut mengindikasikan bahwa penerapan metode informasi berbantuan media visual dan metode tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis Huruf Hiragana dan Katakana dengan indah pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Hal ini didukung pula oleh respon mahasiswa yang positif terhadap penerapan metode serta media tersebut. Pada hasil observasi juga terlihat ada perubahan yang cepat pada penulisan huruf yang dilakukan oleh mahasiswa. Kata-kata Kunci: huruf hiragana dan katakana, pembelajaran bahasa jepang, media visual.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...