Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013

Pengaruh Gender dan Tipe Kepribadian terhadap Kompetensi Berbicara Bahasa Inggris

Ratminingsih, Ni Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2014

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh gender dan tipe kepribadian terhadap kompetensi berbicara mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Speaking III. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester 3 pada tahun akademik 2011/2012. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex post facto de-ngan desain faktorial 2 x 2 dan analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil Penelitian membuktikan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi berbicara antara mahasiswa perempuan dengan mahasiswa laki-laki, mahasiswa perempuan memi-liki kompetensi berbicara yang lebih tinggi daripada mahasiswa laki-laki,  (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi berbicara antara mahasiswa yang berkepribadian ekstroversi dengan introversi, mahasiswa yang berkepribadian ekstroversi memiliki kompetensi berbicara yang lebih tinggi daripada mahasiswa yang berkepribadian introversi, dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara gender dan tipe kepribadian terhadap kompetensi berbicara mahasiswa. Kata-kata Kunci: gender, tipe kepribadian, kompetensi berbicara

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...