Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan soft skills mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Act-Reflect (TTAR) berdasarkan Tri Kaya Parisudha dan mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terha-dap penerapan model pembelajaran kooperatif tersebut. Subjek penelitian adalah mahasiswa semes-ter II (Kelas A) Jurusan Akuntansi Program S1 FEB Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Aka-demik 2011/2012 yang mengikuti perkuliahan Akuntansi Biaya, yaitu sebanyak 36 orang. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan strategi TTAR berdasar-kan Tri Kaya Parisudha yang didukung oleh materi ajar, lembar kerja mahasiswa, kuis, latihan so-al, kunci jawaban kuis dan latihan soal, tugas-tugas terstruktur secara berkelompok maupun indivi-du dan lembar catatan soft skills mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil peneli-tian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan strategi TTAR berda-sarkan Tri Kaya Parisudha dapat meningkatkan soft skills mahasiswa, tetapi masih dalam kategori cukup. Mahasiswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran yang diterapkan.Kata-kata Kunci: pembelajaran kooperatif, soft skill, tri kaya parisudha, akuntansi biaya
Copyrights © 2013