Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Vol 3, No 2 (2012): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Desain Pembelajaran Operasi Bilangan Rasional Menggunakan Pola Busana Di Kelas X SMK

Asfyra, Intan Buhati ( Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya)
Zulkardi, Zulkardi ( Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya)
Santoso, Budi ( Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran penggunaan kegiatan membuat pola busana pada materi  operasi  bilangan  rasional.  Pada  materi  ini,  menuntut  peserta  didik  dapat  menyelesaikan permasalahan operasi bilangan rasional secara kontekstual. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Busana 1 SMK Negeri 6 Palembang yang berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan adalah  desain  research  terdiri  dari  tiga  tahap,  yaitu:  preliminary,  desain experiment  (pilot experiment  dan teaching experiment), dan  analysis representative. Penelitian ini mengembangkan hasil  pembelajaran  operasi  bilangan  rasional  dengan  menunjukkan  aktivitas  dan  prosedur  serta strategi  peserta  didik  dalam  menemukan  ide  atau  strategi  pada  operasi  bilangan  rasional.  Pada bagian  ini,  akan  dibahas  penggunaan  pola  busana  sebagai  starting  point  pembelajaran  pola bilangan  dengan  Pendidikan  Matematika  Realistik  Indonesia  (PMRI)  sebagai  pendekatan  yang mendukung  aktivitas  dari  penggunaan  konteks  tersebut.  Selain  itu,  perubahan  dari  Hypothetical Learning  Trajectory  (HLT)  ke  Learning  Trajectory  (LT)  melalui  aktivitas,  dilakukan  dengan pengumpulan data  menggunakan lembar observasi,  wawancara, rekaman video, foto dan lembar aktivitas peserta didik.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

kreano

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Kreano is a place to share and communicate research results from researchers or invited authors. Kreano publishes original, novel, and empirical works in the field of mathematics education. Researchers can come from Lecturers, Teachers, Researchers, and students who need broad access to the ...