Media Ilmu Keolahragaan Indonesia
Vol 2, No 1 (2012)

Penggunaan Media VCD pada Senam Lantai Siswa SLTP di Jambi

Ali, Muhammad ( Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
20 May 2013

Abstract

Media merupakan sebuah alat untuk melakukan sesuatu, alat tersebut digunakan untuk mempermudah kerja seseorang dalam melakukan pekerjaannya dalam dunia pendidikan, media termasuk sarana yang  digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian eksperimen ini dilakukan di ruangan dan lapangan olahraga SLTP N 14 Jambi, pada tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah orang 40 siswa. Dengan perincian adanya tes awal dan tes akhir setelah diberi perlakuan. Hasil nilai pada tes awal adalah sebesar 200 dengan rata-rata 5 point, sedangkan tes akhir adalah sebesar 304 dengan rata- rata 7,6 point. berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa yang melakukan latihan menggunakan media VCD, dapat meningkatkan nilai atau hasil belajar, ketimbang siswa tidak menggunakan media VCD head stand. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu “Ada peningkatan yang signifikan pada penggunaan media VCD  terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan senam lantai head stand  “ diterima dengan taraf kepercasyaan 95% yang dapat dilihat dari hasil uji- t yaitu t hitung =9,31 dibandingkan dengan ttabel = 1,66. Maka dapat disimpulkan latihan menggunakan media VCD dapat meningkatkan hasil belajar head stand siswa sebesar 2,6 point. maka peneliti menyaran kan pelatihan head stand dibantu dengan menggunakan media VCD.Media is a tool to do something, that is used to facilitate someone’s working in education sector, media including facilities used for teaching and learning process.Experimental study was conducted in a room and sports fields of SLTPN 14 Jambi, in the academic year 2009/2010 with the number of 40 students, with the details of the initial test and final test after they are given treatment. The result of the initial test was at 200 with an average of 5 points, while the final test is at 304 with an average 7.6 point. Based on the results of this study can be concluded that students who exercised by using VCD media, can increase the grade or learning outcomes, rather than students who did not use VCD media head stand. The results of this study indicated that the proposed hypothesis namely “There was a significant increase in the use of VCD media on students’ learning outcomes in the subject head  stand  floor  gymnastics “ was accepted  with degree of trusty 95% which can be seen from the results of the t-test namely   t count = 9.31 compared with the t table = 1.66. The concluded that exercises by using VCD media can improve learning outcomes head stand  of students at 2.6 points. Hence the researcher suggests the training of head stand aided by using VCD media.

Copyrights © 2012