MIMBAR (Jurnal Sosial dan Pembangunan)
Volume 19, No. 3, Tahun 2003

Hak-Hak Dasar Perempuan dalam Perspektif Gender Islami (Sebuah Perspektif Bagi Landasan Paradigmatik Pendidikan Perempuan)

Asep Dudi Suharyadi (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2003

Abstract

Hak asasi manusia menjadi term yang populer, satu diantaranya adalah yang menyangkut persoalan perempuan. Dalam Islam hak-hak pundamental manusia memperoleh jaminan yang sangat kuat tanpa memperhatikan apakah ia seorang laki-laki atau perempuan. Islam hadir dengan konsepsi bahwa kedudukan dan peran laki-laki maupun perempuan merupakan komplementer yang saling menyempurnakan. Islam tidak mendudukan keduanya dalam siatuasi kontradiksi yang melahirkan konflik.Kesetaraan perempuan dan laki-laki berimplementasi kepada terbukanya ruang dan peluang bagi keduanya untuk mencetak prestasi terbaik mereka dalam koridor hak dan kewajibannya. Kedudukan dan peran perempuan dalam pandangan Islam meliputi berbagai peran yaitu : dimensi spiritual, ekonomi, sosial, politik dan hukum serta kepemimpinan., di beri tempat yang sama dengan kedudukan dan peran kaum laki-laki.

Copyrights © 2003






Journal Info

Abbrev

mimbar

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Artikel tersebut belum termuat didata saya yang diterbitkan GARUDA, dan Jurnal tersebut sudah terakreditasi SINTA 2, terima ...