MIMBAR (Jurnal Sosial dan Pembangunan)
Volume 23, No. 1, Tahun 2007 (Terakreditasi)

Studi Eksporatif Pola Pembinaan Umat Melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Muslim

Asep Dudi Suharyadi (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, Universitas Islam Bandung, Jl. Ranggagading No.9 Bandung.)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2007

Abstract

Citra kelembagaan yang dikelola oleh sebagian masyarakat muslim, baik yang bergerak terutama pada bidang pendidikan, maupun bidang lain seperti perniagaan, yayasan, masjid serta keuangan seringkali ditandai oleh nada-nada sumbang yang kurang enak didengar. Bila ada lembaga swadaya masyarakat atau non government organization (NGO) yang berlabel Islam dan dalam waktu yang relatif singkat dapat tumbuh berkembang dengan pesat, maka dalam kultur dan image lembaga tersebut tergolong kasuistik. Rumah Zakat Indonesia Dompet Sosial Ummul Quro A(RZI-DSUQ) adalah salah satunya. Dengan berbagai produk yang secara bertahap dihasilkan dari “rumah produksi” yang cukup representatif di jalan Turangga Bandung. kiprah lembaga ini menarik perhatian untuk dicermati. Studi ini bermaksud memperoleh data mengenai anasir kelembagaan DSUQ yang diasumsikan merupakan pendukung terbentuknya perfomans dan citra lembaga yang relatif positif, memperoleh gambaran tentang nilai-nilai edukatif dari keberadaan RZI-DSUQ melalui program-programnya baik yang berorientasi di ke dalam maupun kepada khalayak, serta bagaimana lembaga ini menempatkan diri pada suatu net working kelembagaan dalamperjalanan tumbuh kembangnya.

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

mimbar

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Artikel tersebut belum termuat didata saya yang diterbitkan GARUDA, dan Jurnal tersebut sudah terakreditasi SINTA 2, terima ...