Jurnal Fakultas Ekonomi : OPTIMAL
Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAGU RASA PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI TAGAFURA DI KELURAHAN JAYA KOTA TIDORE KEPULAUAN

sangadji, suwandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Besarnya permintaan pasar akan olahan sagu kasbi yang dalam hal ini berdampak pada ekonomi desa di Kelurahan Jaya menunjukan bahwa jumlah permintaan sagu rasa dan atau keputusan konsumen untuk membeli sagu rasa dapat dikatakan tinggi. Tingginya keputusan pembelian sagu rasa diduga dipengaruhi oleh faktor-faktor bauran pemasaran yang diterapkan oleh Gabungan Kelompok tani (Gapoktan) Tagafura Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sagu rasa pada Gapoktan Tagafura, Lokasi penelitian dipilih secara purposive, yaitu di Kelurahan Jaya Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-Desember 2018. Data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner pada 30 responden yang ditentukan dengan metode sampel jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, determinasi, regresi liniear sederhana dan uji hipotesis dengan t-test. Hasil analisis menunjukan faktor-faktor bauran pemasaran atau marketing mix yang diterapkan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian sagu rasa pada Gapoktan Tagafura di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

optimal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan adalah jurnal ilmiah yang bertujuan memajukan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi, manajemen, dan kewirausahaan. Artikel yang dimuat berasal dari hasil penelitian adaptasi ilmu dan hasil pemikiran dari perkembangan ilmu yang dimaksud. ...