MIMBAR (Jurnal Sosial dan Pembangunan)
Volume 22, No. 3, Tahun 2006 (Terakreditasi)

Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Guna Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Barat

Ihsana Sabriani Borualogo (Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung, Jl. Tamansari No.1 Bandung.)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2006

Abstract

IPM (Indeks Pembangunan Manusia) menjadi indikator keberhasilan pembangunan. Indeks pendidikan menjadi salah satu komponen dari IPM yang diukur melalui indeks rata-rata lama sekolah dan indeks melek huruf. IPM Indonesia tergolong rendah dibandingkan negara-negara di dunia. Di Jawa Barat sendiri, terdapat beberapa kabupaten yang menunjukkan indeks pendidikan yang rendah dilihat dari indeks rata-rata lama sekolah dan indeks melek huruf. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, karena sesungguhnya pendidikan merupakan hal yang sangat menentukan keberhasilan suatu bangsa agar dapat bersaing di era globalisasi.  Pendidikan merupakan hak bagi setiap individu dan sejatinya dilakukan sejak usia dini karena usia ini adalah masa emas perkembangan anak. Melalui pendidikan, anak akan mengembangkan potensi dirinya dan mendapatkan stimulasi melalui pendekatan teori multiple intelligence. Pemerintah mencanangkan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada Hari Anak Nasional  23 Juli 2003. Namun optimalisasi program PAUD belum terselenggara dengan baik.Beberapa masalah berkaitan dengan belum optimalnya pelaksanaan PAUD adalah kurangnya investasi dari pemerintah daerah agar PAUD dapat terlaksana dengan baik, PAUD lebih berkembang di perkotaan dan kurang berkembang di pedesaan, masih rendahnya kesadaran orang tua tentang pentingnya PAUD, program PAUD yang sudah berjalan masih belum optimal karena belum mampu menstimulasi anak secara tepat.Untuk itu, pemerintah daerah dapat menjalin kerjasama kemitraan dengan perguruan tinggi untuk dapat melakukan upaya optimalisasi PAUD guna meningkatkan IPM di Jawa Barat. Dengan kerjasama kemitraan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan indeks rata-rata lama sekolah dan indeks melek huruf, sehingga IPM di Jawa Barat akan meningkat.

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

mimbar

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Artikel tersebut belum termuat didata saya yang diterbitkan GARUDA, dan Jurnal tersebut sudah terakreditasi SINTA 2, terima ...