Turats : Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam
Vol 11 No 1 (2015): Turats (Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam)

THE CONCEPT OF MAN IN IBN SINA’S PHILOSOPHY OF EDUCATION

Hambali, Yoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2015

Abstract

Artikel ini akan menggali konsep manusia dalam filsafat pendidikan Ibn Sina. Pandangan Ibn Sina tentang kesatuan jiwa dan raga ini diuraikan dalam karyakaryanyadi antaranya Al-Shifa, Al-Najat, dan Risalah al-Quwa al-Nafsiah. Dalam artikel ini diuraikan bahwa manusia dalam pemikiran Ibn Sina merupakan kesatuan jiwa dan raga. Selain teori kesatuan jiwa dan raga, Ibn Sina juga menjelaskan bahwa manusia merupakan makhluk sosial (social being). Kesimpulannya bahwa menurut Ibn Sina dalam jiwa manusia itu terletak kekuatan berfikir, memahami, dan membedakan sesuatu. Inilah daya atau kekuatan jiwa yang paling substansial dan esensi. Dalam hal ini Ibn Sina membedakan antara akal dan jiwa. Karena kekuatan jiwa antara yang positif dan yang negatif saling berlomba maju dan hendak menjadikan dirinya paling depan, maka jiwa berfikir (nafsu al-nathiqah) yang positif perlu di bina dan di latih terus menerus melalui proses pendidikan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

turats

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Turats: Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam sebagai jurnal pendidikan Islam yang terbit sejak tahun 2004 dengan nomor ISSN 1693-4539. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam 45 Bekasi secara berkala setiap 6 bulan atau dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. ...