ABSTRAKTelah dilakukan analisis keberhasilan proyek desentralisasi pendidikan dasar terkaitdengan pengembangan pendidikan sekolah di Kabu[aten Gianyar tahun 2003-2007. Adapuntujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis keberhasilan upaya peningkatan akses danpemerataan pemerolehan pendidikan dan (2) menganalisis keberhasilan upaya peningkatanmutu pendidikan di tingkat pendidikan dasar di kabupaten Gianyar selama proyekdesentralisasi pendidikan dasar dari tahun 2003-2007. Populasi penelitian adalah 107 SD danSMP sedangkan sampel penelitian sebanyak 28 sekolah SD dan SMP di Kabupaten Gianyar.Sampel ditentukan dengan teknik bertingkat dan berjenjang secara random. Data tentangjumlah siswa, APK, APM, DO, AMK, AT, hasil UAS, UN, proses pembelajaran, tenagapendidik, dan sarana-prasarana diambil dengan instrumen pengambil data baik lewatpengisian kuesioner,observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secaradeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada keberhasilan dalam pengembanganpendidikan sekolah di kabupaten Gianyar sesuai dengan yang direncanakan dalam rencanapengembangan pendidikan sekolah selama proyek berlangsung kurun waktu 2003-2007.Keberhasilan ini dapat dilihat dari: (i) adanya peningkatan kualitas akses danpemerataan pemerolehan pendidikan yang meliputi jumlah siswa, APK, APM, DO, AMK,AK, dan AT di tingkat pendidikan dasar dan (ii) adanya peningkatan mutu pendidikan ditingkat pendidikan dasar dilihat dari capaian UAS SD dan UN SMP, proses pembelajaran,pendidik, tenaga kependidikan dan sarana-prasarana sekolah.Kata kunci : analisis keberhasilan, desentralisasi pendidikan dasar, pengembanganpendidikan sekolah
Copyrights © 2013