DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
Vol 1, No 2 (2019)

Pengembangan Instrumen MW4T (Mechanic Wave Four Tier) Diagnostic Test Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik

Roistiya, Hidayati (Unknown)
Putra, Ino Angga (Unknown)
Pertiwi, Novia Ayu Sekar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan penulis terhada padanya indikasi peserta didik yang memiliki kelemahan dalam menentukan jenis-jenis gelombang, makna fisis dari representasi fungsi gelombang, serta pengaruh perubahan medium pada perambatan gelombang mekanik. Pemahaman konsep dasar tentang gelombang penting karena terkait dengan penerapannya pada teknologi modern. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen MW4T diagnostic test untuk mengukur pemahaman konsep gelombang mekanik yang valid dan reliabel. Penelitian adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D. Submateri yang diukur pada instrumen ini adalah jenis-jenis gelombang, perambatan gelombang, gelombang tegak, dan superposisi gelombang. Hasil uji coba menunjukkan indeks validitas rata-rata instrumen adalah 0,30, indeks reliabilitas adalah 0,617, dan hasil indeks kesukaran item dalam rentang 0,16 sampai 0,65. Produk ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dan selanjutnya sebagai bahan pertimbangan melakukan pembelajaran materi gelombang mekanik untuk menyongsong era revolusi industri 4.0.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Diffraction

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Social Sciences

Description

Jurnal DIFFRACTION mempublikasikan temuan baru yang signifikan terkait dengan fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi: pembelajaran fisika, penilaian pendidikan fisika, kebijakan pendidikan fisika, pengembangan media pembelajaran fisika, bahan ajar fisika, serta fisika ...