Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial
Vol 1, No 2 (2019): September 2019

PENERAPAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Miftahul Jannah (Program Studi PGSD Universitas Panca Marga Probolinggo)
Abdul Basit (Program Studi PGSD Universitas Panca Marga Probolinggo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 10 orang peserta didik dengan rincian 6 siswa dan 4 siswi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan media diorama. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan media diorama meningkat. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pratindakan sebanyak 9 orang peserta didik (90%) mendapatkan nilai belum tuntas dan 1 orang peserta didik (10%) telah memperoleh nilai tuntas. Pada siklus pertama mengalami peningkatan yang mana 4 orang peserta didik (40%) siswa memperoleh nilai belum tuntas dan 6 orang peserta didik (60%) telah memperoleh nilai tuntas. Pada siklus 2 data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang siginifikan yaitu 1 orang peserta didik (10%) belum memperoleh nilai tuntas dan 9 orang peserta didik (90%) telah memperoleh nilai tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III di SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo.Kata kunci : media diorama, IPS, hasil belajarThis research was carried out in the Third grade of SD Islam Fatahillah Sumber Kerang Village Probolinggo Regency consisting of 10 students with details of 6 male students and 4 female students. This type of research was Classroom Action Research which was carried out in 2 cycles while the stages in doing this research includes planning, action, observation and reflection stages. This study aims to improve the learning outcomes of social science by using the Diorama Media. The data obtained in the study is the results of students 'cognitive learning after applied diorama media increased which can be seen from the students' pre-action results that there are 9 students (90%) who have received incomplete grades and 1 students (10%) get complete grades. In the first cycle , there was an increase, there were 4 students (40%) got incomplete grades and 6 students (60%) got complete grades. In the second cycle also experienced an increase in learning outcomes, namely there were 1 student (10%) who still did not get complete grades and 9 students (90%) others got complete grades. Thus it can be concluded that aplication of diorama media on social science learning can improve the learning outcomes of third grade students of SD Islam Fatahillah Sumber Kerang Village Probolinggo Regency.Keywords: diorama media. social science. learning outcomes.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

terapung

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Dalam rangka memperluas media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Ilmu - Ilmu Sosial, Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-banjary Banjarmasin telah menerbitkan Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial dengan e-ISSN : 2656-2928 ...