Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial
Vol 1, No 2 (2019): September 2019

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TREASURE CLUE TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FIRDAUS BANJARMASIN

Aulia Safitri Ariany (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary)
Barsihanor Barsihanor (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary)
Tutus Rani Arifa (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui efektivitas metode Treasure Clue terhadap hasil belajar dalam Pembelajaran tematik pada siswa kelas V SDIT Al- Firdaus Banjarmasin.Jenis penlitin yang digunakan pada penelitian ini eksperimen semu (Quasi Experimental Research), dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian dalam penelitian ialah seluruh siswa kelas V SDIT Al-Firdaus Banjarmasin berjumlah 43 orang. Dengan sampel 22 orang kelas VA yang menjadi kelompok kontrol dan 21 orang kelas VB yang menjadi kelompok eksperimen menggunakan metode Treasure Clue. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test. Validasi instrumen tes validitas instrumen menggunakan rumus  Product Moment dengan bantuan program  Statistical Product and Service Solution  (SPSS) versi 21 dan mengetahui reliabilitas data menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan program  Statistical Product and Service Solution  (SPSS) versi 21. Teknik analisi data menggunakan t-test. Setelah diketahui nilai normalitas dan homogenitas data. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai pre-test sebesar 54,32 dan nilai post-test sebesar 90,68. Kelompok kontrol diperoleh nilai pre-test sebesar 43,81 dan nilai post-test sebesar 81,67. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai signifikan sebesar 0,003 <0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas V SDIT Al-Firdaus Banjarmasin antara pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran Treasure Clue dengan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran konvesional.  Kata Kunci : Metode Treasure Clue, hasil belajar, pembelajaran Tematik.This study aims to determine the effectiveness of the Treasure Clue method for learning outcomes in Thematic Learning in fifth grade students of SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. This type of research used in this study was quasi-experimental (Quasi Experimental Research), with Nonequivalent Control Group Design. The research population in this study were all fifth grade students of SDIT Al-Firdaus Banjarmasin totaling 43 people. With a sample of 22 VA class people who became the control group and 21 VB class people who became the experimental group using the Treasure Clue method. Data collection techniques using observation, documentation and tests. Instrument to measure learning outcomes using pre-test and post-test. The instrument validity test was validated using the Product Moment formula with the help of the Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 21 program and found out the reliability of the data using the Cronbach's alpha formula with the help of the Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 21 program. Data analysis techniques used t- test. After knowing the normality and homogeneity value of the data. In the experimental group, the pre-test value was 54.32 and the post-test value was 90.68. The control group obtained a pre-test value of 43.81 and a post-test value of 81.67. Hypothesis test results showed a significant value of 0.003 <0.05. From these results it can be concluded that there are differences in learning outcomes in the thematic learning of class V SDIT Al-Firdaus Banjarmasin between learning that applies the Treasure Clue learning method and learning that applies conventional learning                                                                                                                    Keywords: Treasure Clue Method, learning outcomes, Thematic learning 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

terapung

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Dalam rangka memperluas media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Ilmu - Ilmu Sosial, Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-banjary Banjarmasin telah menerbitkan Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial dengan e-ISSN : 2656-2928 ...