Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Vol 20, No 2 April (2018): TRANSMISI

SIMULASI KENDALI TEKANAN KOMPRESOR PADA ELECTRICALLY ASSISTED TURBOCHARGER DENGAN METODE PI-GAIN SCHEDULING

Arsyahadij, Miftahuddin (Unknown)
Setiawan, Iwan (Unknown)
Christyono, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2018

Abstract

Mayoritas dari mobil-mobil berpenumpang didesain sehingga memiliki performa yang handal, hemat bahan bakar, dan rendah emisi gas buang. Dalam hal kemampuan sebuah mobil mampu mengatasi berbagai medan jalan yang ada maka performa yang handal menjadi fokus dari pengembangan mobil-mobil saat ini. Beberapa cara untuk meningkatkan performa dari SI engine adalah variasi pemilihan bahan bakar, mengubah rasio kompresi mesin, mengubah nilai air to fuel ratio (AFR), dan menggunakan turbocharger. Turbocharger merupakan salah satu cara yang terbaik. Turbocharger juga memiliki kelemahan apabila diterapkan di SI engine yaitu terjadinya kondisi turbo lag. Penelitian ini merancang sistem kendali yang pada EAT untuk meminimalkan turbo lag pada turbocharger. Metode sistem kendali yang digunakan ada PI-Adaptif. Kendali PI akan mengendalikan agar sistem memiliki respon yang cepat dan stabil. Kendali adaptif akan mengatasi parameter atau variabel sistem yang berubah berdasarkan waktu (time varying).

Copyrights © 2018