Abstrak: Interaksi merupakan salah satu karakteristik dari Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Guna melihat sejauh mana interaksi belajar siswa yang terjadi dengan PMR maka dilaksanakan penelitian pada materi keliling dan luas persegipanjang. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola umum interaksi siswa yang terjadi dalam pembelajaran matematika realistik, untuk mengetahui aktivitas guru memfasilitasi interaksi siswa dalam pembelajaran matematika realistik, ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada materi keliling dan luas persegipanjang, dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik. Data penelitian diperoleh dari pengamatan terhadap kemampuan guru dalam memfasilitasi interaksi siswa, interaksi siswa, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) melalui PMR interaksi yang terjadi baik antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru menjadi meningkat dan juga diperoleh variasi pola umum interaksi yaitu: (a) SMS (Siswa Materi Siswa), (b) SSO (Siswa Siswa tanpa membicarakan materi), (c) SMG (Siswa Materi Guru), (d) Pola melingkar; (2) kemampuan guru dalam memfasilitasi interaksi siswa adalah sangat baik; (3) pembelajaran matematika realistik pada materi keliling dan luas persegipanjang tuntas secara klasikal; dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran realistik adalah positif.
Copyrights © 2008