Implementasi lesson study sebagai upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Cirebon. Lesson study merupakan alternatif yang dapat dilakukan oleh guru bersama teman sejawatnya dalam rangka membudayakan belajar sepanjang hayat untuk terus meningkatkan kompetensi pedagogiknya secara mandiri yang berdampak langsung bagi perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu, implementasi lesson study sebagai model pembinaan dan peningkatan kompetensi pedagogik guru bahasa Indonesia memerlukan dukungan dari pihak-pihak terkait terutama kepala sekolah dan dinas pendidikan. Tanpa dukungan itu, maka lesson study hanyalah âmimpiâ bagi guru-guru yang memiliki motivasi untuk meningkatkan kemampuannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lesson study pada kompetensi pedagogik guru bahasa Indonesia SMP kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian ini lesson study berdampak positif terhadap kompetensi pedagogik guru.
Copyrights © 2013