Jurnal Pendidikan
Vol 5, No 2 (2014)

PENERAPAN SPBM YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PROGRAM eXe LEARNING TERHADAP MOTIVASI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR

Jimmi Copriady (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komputer program eXe Learningdengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM), sebagai usaha untuk meningkatkan hasilbelajar dan hubungannya terhadap motivasi mahasiswa pada matakuliah Kimia Dasar I. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat pertama Jurusan PMIPA FKIP UR angkatan 2014 yangterdiri dari empat program studi, yaitu program studi pendidikan biologi, fisika, kimia dan matematika.Sampel penelitian diambil secara acak. Uji persyaratan analisis data digunakan uji kolmogorov-smirnovuntuk uji normalitas dan analisis varians untuk uji homogenitas. Pengujian hipotesis data motivasi belajardan hasil belajar menggunakan Independen sampel T-test SPSS-17. Hipotesis motivasi dan hasilbelajar diperoleh Sig. (2-tailed) < á =0,05 maka Ha1 dan Ha2 diterima, jadi terdapat perbedaan yangsignifikan motivasi dan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaranberbasis masalah dibandingkan dengan motivasi dan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan menggunakanstrategi pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan media komputer program eXe learning.Pengujian hipotesis hubungan motivasi dengan hasil belajar mahasiswa menggunakan CorrelationsSPSS 17. Pada kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah diperoleh Sig.(2-tailed) > á =0,05 yang artinya Ha3 ditolak, jadi tidak terdapat hubungan yang signifikan antaramotivasi dan hasil belajar. Sementara pada kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasismasalah yang diintegrasikan dengan media komputer program eXe learning diperoleh Sig. (2-tailed)< á =0,05 maka Ha4 diterima, jadi terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar.Kata Kunci: Hasil belajar, motivasi belajar, media eXe Learning, strategi pembelajaran berbasismasalah

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Education

Description

JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah ...