MARLIN : Marine and Fisheries Science Technology Journal
Vol 1, No 1 (2020): (Februari, 2020)

KAJIAN POTENSI SUMBERDAYA PERIKANAN DI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Zainal Rosyid Mahfrudin (Sekolah Tinggi Perikanan, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Jalan Cikaret Nomor. 1 Bogor, Jawa Barat-16001, Indonesia)
Tatty Yuniarti (Sekolah Tinggi Perikanan, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Jalan Cikaret Nomor. 1 Bogor, Jawa Barat-16001, Indonesia)
Toni Ruchimat (Sekolah Tinggi Perikanan, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Jalan Cikaret Nomor. 1 Bogor, Jawa Barat-16001, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2020

Abstract

Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi perikanan yang cukup besar yang masih dapat dikembangkan. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi potensi perikanan meliputi SDA, SDM, dan kondisi perikanan di Kecamatan Sanden. Metode analisis deskriptif ini digunakan untuk data kualitatif yang disajikan dalam bentuk uraian dan tabulasi sederhana seperti tabel, diagram, grafik. Data yang dikumpulkan yaitu berupa data primer dan data sekunder, data primer dengan menggunakan metode wawancara, kuisioner dengan observasi langsung ke lapangan sedangkan data sekunder dengan cara studi literatur. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Sanden pada tanggal 1 sampai dengan 30 Oktober 2019. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa potensi dalam bidang perikanan yang ada di Kecamatan Sanden yaitu budidaya, pengolahan dan penangkapan ikan. Kecamatan Sanden memiliki jumlah RTP sebanyak 219 dan didominasi oleh pembudidaya ikan. Teknologi yang digunakan dalam semua bidang RTP yaitu tradisional, baik budidaya, pengolahan maupun penangkapan. Permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya relasi pemasaran yang hanya mengandalkan tengkulak, maka dari itu perlunya peningkatan relasi pemasaranan melalui dukungan pemerintah setempat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

marlin

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science

Description

MARLIN merupakan sebuah media publikasi hasil penelitian di bidang kelautan dan perikanan yang diterbitkan secara berkala yakni bulan Februari dan Agustus. MARLIN memuat hasil penelitian di bidang budidaya perikanan, pengolahan hasil perikanan, bioteknologi perikanan, konservasi, sosial ekonomi ...