ABSTRAK Berkaitan dengan kemampuan pemahaman matematis siswa, seorang guru diperlukan seni mengajar untuk menjadikan seorang siswa mampu dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi seni mengajar guru dengan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIIII semester genap di SMPN 10 Penajam Paser Utara tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Penajam Paser Utara berjumlah 120 siswa dengan sampel penelitian pada kelas VIII-B dan Kelas VIII-D berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Setelah data kuesioner dan tes di uji validitas dan uji reabilitas didapat 29 butir soal kuesioner yang valid dan 5 butir soal tes kemampuan pemahaman matematis yang valid. Data dianalisis menggunakan uji korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: terdapat korelasi yang signifikan antara seni mengajar guru dengan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII semester genap di SMPN 10 Penajam Paser Utara tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan keberartian koefisien sebesar Zhitung = 7,4429 sedangkan Ztabel =1,645. Jadi harga Zhitung lebih besar dari Ztabel (7,4429>1,645) pada taraf signifikansi 5%.
Copyrights © 2018