Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metakognisi dan kreativitas secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, apakah terdapat pengaruh metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan apakah terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berasal dari 215 siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Balikpapan. Peneliti menggunakan cluster random sampling dan mendapatkan 62 siswa yang terlibat sebagai sampel. Peneliti menggunakan tes dan angket sebagai instrumen penelitian. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis nol diterima pada kedua uji, yaitu uji F dan uji t. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh metakognisi dan kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa baik secara bersama-sama maupun secara parsial.
Copyrights © 2018