Prosiding Seminar Biologi
Vol 10, No 2 (2013): Seminar Nasional X Pendidikan Biologi

KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INQUIRY

Sumarno, Sumarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2013

Abstract

Penelitian  pre-experimental design  dengan metode  one group pretest-postest  dilakukan dalam rangka mengkaji kualitas proses dan hasil belajar biologi dengan pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan model pembelajaran kooperatif dalam setting pembelajaran inquiry. Kualitas proses pembelajaran biologi diketahui melalui pengamatan terhadap ketrampilan kooperatif siswa, ketrampilan proses siswa serta kecakapan guru dalam membelajarkan biologi, sedangkan kualitas hasil belajar diperoleh berdasarkan hasil tes siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan kooperatif yang banyak dilakukan oleh siswa adalah berbagi tugas dan selalu berada dalam tugas untuk menyelesaikan tugas-tugas kelompok secara kooperatif. Ketrampilan proses yang dominan adalah melakukan pengamatan serta mengolah dan menganalisis data hasil pengamatan, kecakapan guru dalam membelajarkan biologi terkategori amatbaik dan hasil belajar siswa terhadap penguasaan materi menunjukkan peningkatan ketuntasan.  Kata kunci: kualitas proses, hasil belajar, cooperative inquiry

Copyrights © 2013