KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

APLIKASI MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DENGAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANDANLOR TAHUN AJARAN 2015/2016

Supriyadi, Supriyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2016

Abstract

Abstract: The Application of Scientific and Technological Community Model Using Environmental Resource in Improving Natural Science Learning about Force for the Fourth Grade Students of SD Negeri Pandanlorin the Academic Year of 2015/2016.The objectives of this research isto improve natural science learning about force. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 25 students. The results of this research show that the application of STM model using environment learning resources can improve natural science learning about force. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 58.63%, in the second cycle 80%, and in the third cycle 96%. The conclusion of this research is the application of Scientific and Technological Community model using environment learning resources can improve natural science learning about force for the fourth grade students of SD Negeri Pandanlorin the academic year of 2015/2016.Keywords: Scientific and Technological Community, environment learning resources, natural scienceAbstrak: Aplikasi Model Sains Teknologi Masyarakat dengan Sumber Belajar Lingkungan Sekitar dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Gaya pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pandanlor Tahun Ajaran 2015/2016.Tujuan penelitian ini untukmeningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi model STM dengan sumber belajar lingkungan sekitar dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya. Peningkatan pembelajaran IPA dari 58,63% pada siklus I, meningkat menjadi 80% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 96% pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah aplikasi model Sains Teknologi Masyarakat dengan sumber belajar lingkungan sekitar dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas IV SDN Pandanlor Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci: Sains Teknologi Masyarakat (STM),sumber belajar lingkungan, IPA

Copyrights © 2016