Pendidikan Teknik Bangunan
Vol 6, No 6 (2015): Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan

HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2013/2014 PADA MATA PELAJARAN AUTOCAD 2D

Laksono, Afrian Enggal (Unknown)
Waluyo, Waluyo (Unknown)
Setiawan, Abdul Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara metode pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 pada Mata Pelajaran AutoCad 2D, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi dengan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 pada Mata Pelajaran AutoCad 2D, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara metode pembelajaran dan kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi dengan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 pada Mata Pelajaran AutoCad 2D. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif kuntitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 yang  berjumlah 29 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linier satu predikor dan regresi dua prediktor, yang sebelumnya terlebih dahulu telah dilakukan uji prasyarat analisis yaitu: (1) Uji Normalitas Data, (2) Uji Linieritas dan Keberartian Regresi, dan (3) Uji Independen. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil simpulan yaitu, (1)  Terdapat hubungan positif antara metode pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas X Teknik GambarBangunan SMK N 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis pertama dengan analisis regresi linier satu predikor diperoleh Freg= 5,93 > Ftabel( 2;26;0,05)= 3,37 pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapathubungan positif antara kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi denganprestasi belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis kedua dengan analisis regresi linier satu predikor, diperoleh Freg= 12,48 > F tabel(2;26;0,05)=3,37 pada taraf signifikansi 5%. (3)Terdapat hubungan positif secara bersama antara metode pembelajaran dan kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi dengan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis ketigadengan analisis regresi dua prediktor diperoleh harga Freg 21,66 > dari Ftab(2;26;0,05) = 3,37 pada taraf signifikansi 5%. Variabel metode pembelajaran memberi sumbangan relatif sebesar 33,99% dan sumbangan efektif sebesar 21,24%. Variabel kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi memberi sumbangan relatif sebesar 66,01% dan sumbangan efektif sebesar 41,26%.Kata Kunci: metode pembelajaran, kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi, prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2015