Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication
Vol 7, No 2 (2017): August 2017 - January 2018

URGENSI PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN KOMITMEN ORGANISASI Studi Kasus pada Sektor Industri Perbankan Indonesia (Inisial: PTBank XYZ, Tbk)

Suharyanti, Suharyanti (Universitas Bakrie)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2017

Abstract

Di era kompetisi global seperti sekarang ini, berbagai perusahaan yang sudah go public berlomba-lomba untuk menerapkan Corporate Social Responsibility. Namun sayangnya, penerapan Corporate Social Responsibility kadang-kadang hanya disandingkan untuk pihak eksternal saja tanpa memperhatikan pihak internal seperti karyawan yang merupakan ujung tombak dari eksistensi perusahaan di masa sekarang dan di masa depan. Sehubungan dengan fenomena tersebut, tulisan ini mengulas tentang pentingnya penerapan Corporate Social Responsibility untuk karyawan dalam meningkatkan komitmen organisasi dan kepercayaan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan Corporate Communication sebagai departemen yang menaungi program Corporate Social Responsibility supaya menyadari arti pentingnya penerapan Corporate Social Responsibility untuk karyawan. Penelitian ini dilakukan di PTBank XYZ, Tbk dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun hasil dan temuan dari penelitian ini adalah bahwa memberikan kesejahteraan kepada karyawan PTBank XYZ, Tbk berupa aspek ekonomi adalah salah satu kunci untuk mempertahankan komitmen karyawan dalam perusahaan. Sedangkan kepercayaan organisasi di PTBank XYZ, Tbk dapat terbentuk apabila pimpinan bersikap lebih terbuka dalam berinteraksi dengan karyawan dalam arti pimpinan bersedia berdiskusi, menerima kritik dan masukan dari karyawan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Journal_Communication_spectrum

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal Communication Spectrum Capturing New Perspectives in Communication, terbit dua kali setahun (Februari dan agustus) diiterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie (FEIS UB) sebagai media atau wacana persepektif baru di bidang ilmu ...