Media Riset Akuntansi
Vol 2, No 1 (2012): Februari

PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Kamil, Ahmad (Unknown)
Herusetya, Antonius (Mahasiswa Program Doktor Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PIA) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2012

Abstract

Studi ini menguji pengaruh karakteristik perusahaan terhadap luasnya pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam pelaporan keuangan perusahaan. Motivasi pengujian karakteristik perusahaan terhadap luas pengungkapan CSR dalam studi ini dilandasi oleh temuan pengujian sebelumnya yang masih kurang konsisten. Luas pengungkapan CSR diukur menggunakan skor pengungkapan Global Reporting Initiative (GRI) tahun 2002, sedangkan karakteristik perusahaan diwakili dengan profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan. Dengan menggunakan sampel final sebanyak 82 firm years dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dan menggunakan regresi berganda, ditemukan sebagian bukti bahwa karakteristik entitas berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR. Kami menemukan bahwa ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan CSR pada pelaporan keuangan, konsisten dengan temuan penelitian sebelumnya (misalnya, Hackson & Milne, 1996; Sembiring, 2005; dan Prihandono, 2010). Namun profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas tidak terbukti berpengaruh pada pengungkapan CSR. Penjelasan alternative dari temuan ini adalah bahwa regulasi dalam CSR, sebagaimana diatur dalam Undang-undang (UU) No 40 dan UU No 25 tahun 2007 turut menciptakan iklim penerapan kegiatan CSR bagi seluruh perusahaan publik secara mandatory dan tidak lagi bersifat voluntary, sehingga karakteriktik perusahaan (profitabilitas, solvabilitas, maupun likuiditas) diduga menjadi kurang relevan terhadap tingkat pengungkapan CSR.   Kata kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR), profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, ukuran perusahaan

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

journal_MRA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal MEDIA RISET AKUNTANSI merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel orisinal tentang pengetahuan dan informasi riset atau aplikasi riset dan pengembangan terkini dalam bidang Akuntansi. Jurnal Media Riset Akuntansi dikelolah oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial ...