AGROEKOTEKNOLOGI
Vol 4, No 3 (2016)

Respons Pertumbuhan Dua Bahan Tanam Setek Nilam (Pogostemon cablin Benth.) Terhadap Pemberian NAA (Napthalene Acetic Acid)

Viki Rikatari (Universitas Sumatera Utara)
Yaya Hasanah (Universitas Sumatera Utara)
Jonatan Ginting (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan respons pertumbuhan dua bahan tanam setek nilam (Pogostemon cablin Benth.) terhadap pemberian NAA (Napthalene Acetic Acid). Penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan dari  bulan Agustus sampai dengan Oktober 2015, menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan dua faktor perlakuan yaitu  bahan tanam setek (setek pucuk dan setek batang) dan  konsentrasi NAA (0; 100; 200; dan 300 ppm). Peubah yang diamati yaitu persentase setek hidup, jumlah tunas, berat basah tajuk, dan berat kering tajuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan tanam setek terbaik adalah setek batang pada persentase setek hidup, bobot basah tajuk dan bobot kering tajuk. Konsentrasi NAA terbaik adalah 200 ppm pada persentase setek hidup. Interaksi antara bahan tanam setek dan konsentrasi NAA terbaik pada kombinasi setek batang dengan konsentrasi NAA 200 ppm pada persentase setek hidup.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

agroekoteknologi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal AGROEKOTEKNOLOGI merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan secara online berisikan hasil-hasil penelitian tentang hama dan penyakit tumbuhan, agronomi, pemuliaan tanaman dan ilmu ...