Dunia Teknologi Informasi - Jurnal Online
Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Dunia Teknologi Informasi

Artificial Bee Colony Algorithm untuk Menyelesaikan Travelling Salesman Problem

Faisal Amri (Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)
Erna Budhiarti Nababan (Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)
Mohammad Fadly Syahputra (Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2012

Abstract

Permasalahan Traveling Salesman Problem (TSP) dikenal dengan sebagai permasalahan yang bersifat Nondeterministic Polynomial-Hard (NP-Hard). Penyelesaian eksak untuk masalah TSP ini mengharuskan perhitungan terhadap semua kemungkinan rute yang dapat diperoleh, kemudian memilih salah satu rute yang terpendek. Untuk itu jika terdapat n kota yang harus di kunjungin, maka diperlukanan proses pencarian sebanyak (n-1)!/2n rute. Pada penelitian ini, penulis menggunakan Artificial Bee Colony (ABC) Algorithm. ABC algorithm dengan neighborhood operator bertujuan untuk mendapatkan penyelesaian terbaik jalur terpendek dari TSP. Hasil komputasi menunjukkan ABC dengan neighborhood operator sudah mendapatkan penyelesaian terbaik untuk beberapa kasus.

Copyrights © 2012